Kajian Semiotika Ferdinand De Saussure + Objek Desain (M Alim Vikri)

 Kajian Teori Semiotika Ferdinand De Saussure

* Penerapan Semiotika dalam Pertunjukkan Kethoprak Rigkes. Objeknya adalah pertunjukkan Kethoprak Ringkes. Metode yang digunakan adalah metode semiotika ferdinand de saussure. Kajian ini menganalisi komponen - komponen linguistik dalam salah satu pertunjukkan kethoprak ringkes. Jenis analisis yang dipakai adalah analisis kualitatif. Kesimpulannya upaya ini dilakukan dalam rangka mengedukasi khalayak umum tentang peran seni pertujukkan bagi masyarakat.

* Penerapan Poster Video klip Lathi. Objek yang dianalisis adalah poster pada video klip lathi. Metode yang digunakan adalah metode semiotika ferdinand de saussure. Kajian ini menganalisis penggunaan tanda visual pada poster dari video klip lathi yang mengangkat tema toxic relationship. Dan kesimpulannya adalah memahami tanda visual yang akan diangkat untuk analisa ini adalah sistem tanda dalam bentuk poster.

* Menganalisis pada iklan rokok classmild (act now) 2013. Objek yang akan dianalisis adalah iklan rokok clasmild tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengujian kredibilitas dilakukan debga menggunakan bahan referensi dalam aliran de saussure. Kesimpulannya adalah penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna yang terkandung dalam iklan rokok classmild

Object Desain

Objek desain yang saya sukai adalah Batik. Karena batik selalu menyertai setiap tahapan dalam daur hidup. Lalu filosofi dalam batik pun sangat bagus. Seperti pada pola batik yang merupakan harapan atau doa - doa, itulah yang menyebabkan batik selalu ada pada upacara - upacara masyarakat tertentu. Saat ini batik pun telah hadir dengan desain - desain yang lebih bervariasi dan menarik dengan warna - warna yang lebih berani. Lalu model - model yang menyelaraskan batik terhadap perkembangan zaman. Lalu yang membuat saya suka dan tertarik karena dengan memakai batik seseorang akan terlihat menawan dan anggun. Saat ini kita dengan mudah melihat remaja dengan batik model modern di sekolahnya. Batik juga harus dilestarikan, jika tidak batik bisa di klai oleh negara lain.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

mengulik mitos, metafora dan metomini

Kelompok Alim & Laudiq ( Menulis Abstrak)