Hubungan Semiotika dan Jaket

 Halo semuanya, seperti yang sudah kalian ketahui bersama, bahwa “Semiotika” adalah sebua ‘tanda’ yang didefinisikan sebagai suatu yang mewakili sesuatu yang lainnya. Dan secara terminologis semiotic dapat didefinisikan sebagai objek - objek, peristiwa - peristiwa, penanda atau pun tanda.

Didalam kehidupan sehari - hari secara tidak kita sadari, ada banyak sekali semiotika atau tanda di sekitar lingkungan kita. Mulai dari suatu hal kecil bahkan hal yang lebih besar hingga menjadi sebuah tanda atau penanda. Sebagai contoh semiotika yang saya ambil di dalam kehidupan sehari - sehari saya adalah jaket levis pemberian ayah.

Jaket levis berwarna biru laut ini awalnya menemani masa - masa muda ayah saya, ia berkata jaket levis ini sudah dipakai sejak masa sltp hingga menikah, yang pada akhirnya menjadi pajangan biasa dirumah saya. Jaket levis ini menjadi bukti perjuangan - perjuangan dan kerja keras pada saat ia muda. Dan juga jaket inilah yang menemani ayah saya kemana saja saat zaman itu. Cerita pemberian jaket berharga kepada saya itu akan saya bahas dibawah.

Ditahun 2015 masa - masa saya sebelum lulus sd, saya sedang bersantai bersama keluarga, tiba - tiba ayah saya membuka lemari pakaiannya. Saya tidak mengetahui apa yang ayah saya lakukan, namun dia membawa sebuah jaket yang saya impikan yaitu jaket levis classic, aku yang awalnya biasa saja sontak langsung senang sekali melihat jaket impian saya dipegang ayah saya. Saya langsung bertanya “Pah, beli dimana jaketnya?”, dia menjawab sambil menuju saya “ini jaket dari mbah yang udah bapa pake kemna - mana dulu waktu muda”. Saya merasa kagum dan juga senang. Lalu ayah saya menceritakan semua hal yang berkaitan dengan jaket tersebut. Ntah yang dia pakai ketika dia main bersama temannya atau pun peneman ketika sekolah.

Dia langsung memberikan jaket ini kepada saya, saya langsung mencium dan memakainya karena sudah tidak sabar untuk melihat betapa cocoknya saya menggunakan jaket tersebut. Saya yang telah mengidamkan jaket itu sejak kelas 4 sd kini sudah kesampaian, sayangnya jaket ini terlalu besar untuk ukuran tubuh saya yang mungil pada saat itu. Ayah saya tetap mengatakan cocok untuk saya, namun alangkah baiknya digunakan ketika saya sudah besar saja.

Ketika saya memasuki kelas 3 smp saya mulai menggunakan jaket itu, betapa terkejutnya saya karena merasa sangat cocok menggunakan jaket levis tersebut. Jujur saya sangat merasa percaya diri ketika menggunakan jaket levis itu meskipun agak terlalu besar sedikit di tubuh saya. Salah satu yang saya kurang suka pada jaket ini adalah bobotnya yang agak berat, jadi saya merasa sedikit keberatan ketika memakai jaket ini terlalu lama, namun saya tetap menyukainya. Jaket ini saya gunakan sejak kelas 3 smp hingga 3 sma. Jaket ini cukup lama menemani saya dan memiliki banyak kenangan juga. Terkadang jaket ini menjadi sebuah tanda atau penanda rasa suka wanita terhadap saya, dengan cara memakainya ketika bermain dan pada saat di sekolah.

Didalam semiotika terdapat meaning triangle. Meaning triangle ini berisi dari tiga elemen utama yaitu sign, object dan interpretant. Jaket ini adalah contoh semiotika dalam kehidupan sehari - hari. Pada element sign berisi nama objek yaitu “Jaket Levi’s” dan pada objeknya sendiri yaitu “Jaket” lalu pada element interpretant berisi sebuah makna jaket yang biasanya berfungsi sebagai penanda, pelindung dan penambah style.

Diatas adalah sedikit penjelasan dari saya mengenai contoh semiotika pada kehidupan sehari - hari yang didalamnya sudah mencakup beberapa element.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menganalisis Lagu "Lathi"

Analisis Semiotika Dalam Lukisan Monalisa

mengulik mitos, metafora dan metomini