Menganalisis Lagu "Lathi"

 Saya ingin menganalisis lagu yang berjudul “Lathi - Weird Genius ft Sara Fajira”

"Lathi" ternyata merupakan lagu yang memiliki makna mendalam terhadap sebuah hubungan tak sehat atau toxic relationship. Lewat lagu ini, Weird Genius mencoba menyampaikan sebuah pesan bahwa toxic relationship adalah sesuatu yang berbahaya jika dilakukan secara terus-menerus. Penggambaran tentang seseorang yang berusaha keluar dari sebuah toxic relationship juga dituangkan dalam video klip "Lathi".

 Wanita tersebut menganggap cinta yang awalnya membahagiakan justru berubah menyakitkan. Hubungan tersebut malah memunculkan rasa sakit pada sosok wanita dan membuatnya terjebak dalam hubungan tak sehat. Berada dalam hubungan yang menyakitkan, membuat wanita tersebut menyadari jika pasangannya bukanlah orang yang layak diperjuangkan. Sang wanita mulai bangkit dan tidak ingin lagi terjebak dalam rasa sakit itu.

"Kowe ra iso mlayu saka kesalahan. Ajining diri ana ing lathi".

Dalam bahasa Indonesia, lirik tersebut mempunyai arti "kamu tidak bisa lari dari kesalahan, harga diri ada pada lidah (ucapanmu), sekiranya itulah artinya. Jika diartikan secara luas, berarti seseorang yang sudah melakukan kesalahan tidak akan bisa lepas dari bayang-bayang kesalahannya.

Makna ini juga diperkuat dengan video klipnya yang menceritakan hubungan beracun sepasang kekasih. Di mana awatoxic relationship. lnya mereka bahagia, lalu merasa sengsara di kemudian hari akibat terjebak dengan pria yang salah. Perasaan ini digambarkan lewat sang wanita yang diikat rantai dan terbelenggu oleh seorang pria dalam sebuah Hingga akhirnya sang wanita bisa bebas dan tak lagi terbelenggu.

Inti lagunya adalah seseorang yang tenggelam dalam hubungan cinta, tapi hubungan mereka enggak sehat atau kalau bahasa anak-anak sekarang toxic relationship,"


Komentar

Postingan populer dari blog ini

mengulik mitos, metafora dan metomini

Kajian Semiotika Ferdinand De Saussure + Objek Desain (M Alim Vikri)

Kelompok Alim & Laudiq ( Menulis Abstrak)